wisata alam

4 Wisata Alam Jabodetabek yang Mempesona

Indonesia memang negara yang paling kaya dengan lokasi wisata. Setiapwilayah mempunyai wisata yang unik dan unik. Tempat wisata selalumembawa kekhasan dari daerahnya setiap yang membuatnya bertolak belakang dari wisata di wilayah lain.
Bagaimana dengan pariwisata di wilayah Jabodetabek atau? Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi ini tidak jarang kali terkenal dengan wisata hutan betonnya. Dimana-mana kamu pasti bakal selalu mendatangi gedung tinggi pencakar langit. Tapi tidak boleh salah. Jabodetabek pun mempunyai tempat wisata alam yang tidak kalah unik dengan area perbelanjaannya. Di balik bangunan yang menjulang tinggi tersebut ternyata ada kebun dan pantai yang dapat kamu kunjungi bareng keluarga di akhir pekan. Berikut ulasan lokasi wisata alam di wilayah Jabodetabek, sebagai berikut:

1. Pulau Tidung

wisata alam
Pulau Tidung

Wisata Alam Jabodetabek Paling Terbaik – pulau tidungPulau Tidung termasuk dalam wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta. Anda dapat mencapai Pulau Tidung dengan kapal Ferry Tradisional selama 2-3 jam dari pelabuhan Muara Angke Jakarta. Wilayah Kepulauan Seribu selalu menjadi tujuan wisata favorit warga Jakarta. Di pulau Tidung sendiri suasananya masih terbilang asri. Cocok bagi anda yang ingin melepas penat di akhir pekan.

Pulau Tidung terdiri atas dua pulau, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Kedua pulau ini disambungkan oleh sebuah jembatan. Penduduk lokal menyebutnya Jembatan Cinta. Terdapat sebuah mitos yang mengatakan bahwa pasangan yang melewati jembatan itu akan menjadi langgeng, para jomblo akan segera mendapat pasangan dan jika anda baru putus akan mendapat pasangan yang lebih baik. Di jembatan ini anda juga dapat menikmati sunset di ufuk barat.

Di pulau Tidung anda dapat menikmati pantai dan laut biru nan jernih yang sangat indah. Di sepanjang bibir pantai anda akan menemui pepohonan rindang untuk tempat anda berteduh sembari menikmati pemandangan. Anda juga dapat bermain berbagai wahana permainan air, seperti:

  • Banana boat
  • Cano
  • Angsa laut
  • Donut boat
  • Jetsky
  • Snorkling dengan biaya menyewa alat snorkling sebesar Rp 35.000.
  • Diving

Untuk snorkling di area perairan yang lebih jauh, anda perlu menyewa kapal berkapasitas 60 orang. Anda dapat menyewa kapal ini dengan harga Rp 800.000. Di sekitar Jembatan Cinta terdapat penyewaan foto underwater dengan harga Rp 150.000. Terdapat tiga jenis alat transportasi yang tersedia disini, becak motor, sewa sepeda dan jalan kaki. Untuk satu kali antar dengan becak motor anda harus membayar Rp 35.000. Untuk menyewa sepeda selama satu hari anda diharuskan membayar sebesar Rp 100.000. jalan kaki? Tentu saja gratis.
Di Pulau Tidung terdapat banyak tempat penginapan yang dapat anda singgahi. Anda dapat memilih homestay atau tinggal dengan warga setempat. Atau penginapan modern dengan harga lebih tinggi dan fasilitas lebih lengkap tentunya.

2. Pantai Muara Beting

wisata alam
Pantai Muara Beting

Wisata Alam Jabodetabek Paling Terbaik – pantai mutiara betingPantai Muara Beting berlokasi di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembing, Bekasi. Tidak seperti pantai lain, Pantai Muara Beting memiliki pasir berwarna cokelat terang. Tapi pesona pantai ini tidak kalah dengan pantai lainnya.

Menurut situsĀ https://828bet.net/ selain pantai, anda juga dapat menikmati berbagai flora dan fauna di sekitar pantai. Di sepanjang bibir pantai terdapat hutan bakau dengan luas kurang lebih 70 hektare. Faunanya? Anda dapat menemui kawanan burung yang bermigrasi dari Laut Cina Selatan menuju Pantai Muara Beting. Masa migrasi burung-burung ini biasanya pada bulan september hingga februari.

Pantai Muara Beting bisa dibilang masih perawan. Belum banyak orang yang mengunjungi pantai ini. Bagi anda yang membutuhkan tempat melarikan diri dari rutinitas kantor, pantai ini tempat yang tepat. Di pantai ini terdapat beberapa fasilitas, seperti:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Mushola

Anda tidak akan dikenai biaya tiket masuk, tapi hanya tiket parkir saja. Untuk menyewa perahu anda akan dikenai tiket sebesar Rp 20.000.

3. Agrowisata Gunung Mas

wisata alam
Agrowisata Gunung Mas

Wisata Alam Jabodetabek Paling Terbaik – agrowisata gunung masAgrowisata Gunung Mas terletak di Jalan Raya Pucak, Cisarua, Bogor atau sekitar 87 Km dari pusat kota Jakarta. Jika anda masih bingung dengan lokasinya, agrowisata ini terletak diantara Taman Saafari Indonesia Cisarua dan Masjid Attaawun, Kasawan Puncak Pass. Kalau anda berangkat dari Jakarta anda dapat mencapai tempai ini dalam waktu 2 jam dengan motor. Kalau dari pintu Tol Ciawi sekitar 20 Km.

Disini anda dapat menikmati perkebunan teh yang sangat luas, indah dan dingin. Karena wisata ini terletak pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, suhu rata-rata di tempat ini sekitar 18-22 derajat celcius.
Anda juga dapat menikmati pemandangan Gunung Salak dan Gunung Gede dari kejauhan. Jika anda tidak ingin berjalan kaki, anda dapat menyewa kuda untuk berkeliling.
Anda juga dapat mengunjungi pabrik pengolahan teh. Namun anda harus menyewa pemandu sebagai pendamping.
Di pabrik pengolahan teh anda dapat melihat langsung proses pengolahan teh hingga menjadi teh kemasan yang siap dipasarkan.
Anda dapat memasuki wisata ini dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Jika anda membawa mobil anda harus membayar tiket parkir sebesar Rp 7.500. Sedangkan untuk motor Rp 2.500. Wisata ini buka pada jam 8 pagi sampai 6 malam. Di area ini anda juga dapat menikmati beberapa fasilitas, seperti:

  • Kolam renang.
  • Tea walk.
  • Teh corner dan teh cafe.
  • Berkuda keliling kebun teh.
  • Terbang dengan Paralayang.

Itulah beberapa wisata alam yang berada di daerah Jabodetabek. Semoga ulasan tersenut dapat membantu anda memutuskan desstinasi wisata anda berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *